Tips Masak Tanpa MSG Pasti Sehat dan Halal


loading...
Rubrik tips masak sehat pada kesempatan ini, redaksi Area Halal akan memaparkan masak tanpa MSG (monosodium glutamate). Dengan menguasai tips ini, tentunya masakan yang Anda buat dapat dipastikan akan lebih sehat dan dijamin halal. Di samping itu, yang lebih menggembirakan, adalah tips ini dapat Anda terapkan pada semua masakan.

Setidaknya ada tiga tips yang bisa Anda kuasai untuk memasak sehat dan halal tanpa MSG. Supaya lebih mudah dikuasai, pembahasan tips masak ini akan dipaparkan satu per satu. Kita mulai dengan tips yang pertama.

Ini adalah tips yang paling sederhana. Semua pasti bisa melakukannya. Pasalnya, tidak perlu upaya khusus untuk menerapkannya. Di dalam tips ini, Anda hanya perlu menggunakan beberapa bumbu dapur yang sudah sangat familier. Ada tiga bumbu dapur yang wajib Anda pakai dalam setiap masakan. Pasalnya, ketiga bahan dapur tersebut dapat digunakan sebagai pengganti MSG. Dan, sudah barang tentu ketiga bumbu ini tetap akan membuat setiap masakan terjamin sehat dan halal.


Pertama, garam meja atau garam beryodium. Tambahkan bahan makanan ini ke dalam setiap masakan. Tak peduli membuat masakan yang menonjolkan cita rasa manis. Kesemuanya harus diberi garam, meskipun sejumput. Pasalnya, cita rasa garam dapat dijadikan sebagai pemicu munculnya rasa gurih pada setiap masakan.

Kedua, gula pasir atau gula merah. Gula pasir memiliki cita rasa gurih yang khas dan alami. Kadungan gula tebu dan gula pada buah aren lebih alami ketimbang msg yang komposisi bahannya menggunakan bahan kimia buatan. Penerapan gula pasir untuk masakan juga sama dengan garam. Bedanya, bahan ini harus juga ditambahkan pada setiap masakan yang menonjolkan cita rasa asin dan gurih (dari kaldu seafood atau daging), meskipun sejumput.

Ketiga, lada atau merica. Ingin menggunakan merica bubuk atau butiran, semuanya bergantung kebutuhan. Sama halnya dengan garam dan gula pasir, bahan ini juga harus digunakan pada setiap masakan, baik itu yang menonjolkan cita rasa manis ataupun gurih. Hanya saja, pemakaiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan menggunakan bahan ini bila Anda tidak menginginkan cita rasa pedas.


Perlu diketahui, Anda dapat menggunakan ketiga bahan tersebut secara bersamaan. Atau, hanya menggunakan beberapa di antaranya. Misalnya, membuat kue. Logikanya, sangat jarang ada kue yang menonjolkan cita rasa pedas. Jadi, sebaiknya tidak menggunakan lada atau merica. Tentunya, tips ini dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan berbagai resep masakan yang sehat. Misalnya, resep ayam goreng renyah garing sehat dan halal maupun resep nugget wortel plus keju spesial sehatnya.

Masih merasa kurang dengan tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal bagian pertama ini, sepertinya Anda juga harus menguasai tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal 2
loading...

Subscribe to receive free email updates: