Tips Membuat Menu Panggang atau Bakar Tetap Sehat


loading...
Pada kesempatan sebelumnya, redaksi Area Halal telah membahas 6 bahan alami yang sehat dan halal yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti MSG (monosodium glutamate). Kini, giliran tips membuat berbagai menu yang dimasak dengan cara panggang atau bakar supaya tetap sehat.


Ada beberapa resep masakan yang dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar yang telah dibahas redaksi Area Halal pada kesempatan sebelumnya. Masakan tersebut memiliki kandungan gula alami yang berasal dari madu. Perlu diketahui bahwa, kandungan gula pada masakan ini membuat teksturnya akan menjadi terlihat agak gosok bila dipanggang atau dibakar. Proses itu biasa disebut karamelisasi.


Menurut beberapa referensi, hasil dari karamelisasi zat gula yang melalu proses bakar atau panggang, itu lambat laun dapat menggangu kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Tapi, jangan khawatir. Ada satu tips jitu untuk mencegah terjadinya hal tersebut.


Begini cara atau tips membuat menu panggang atau bakar supaya tetap sehat:

1.  Setelah bahan makanan yang akan dibakar atau dipanggang siap, panaskan alat pemanggang.
2.  Selanjutnya, gunakan daun pisang sebagai alas pemanggang (letakkan daun pisang dipermukaan alat pemanggang setelah menjadi panas).
3.  Oles permukaan daun pisang dengan mentega, margarin atau olive oil supaya tidak mudah gosong.
4.  Setelah itu, Anda tinggal memanggang atau membakar bahan makanan yang telah disiapkan tadi. Panggang atau bakar bahan makanan tersebut hingga matang atau sesuaikan dengan warna atau tekstur yang Anda inginkan.


Dengan menerapkan tips tersebut, setiap masakan yang mengandung zat gula yang dimasak dengan cara panggang atau bakar tidak akan gosong dan membuat makanan tersebut tetap sehat untuk dikonsumsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: