Resep Ayam Kanton yang Halal dan Nikmat


loading...
Kanton adalah salah satu wilayah di Negeri Tiongkok (Cina). Wilayah tersebut memiliki masakan berbahan daging ayam yang khas. Kuliner ini dinamai sesuai dengan daerah kelahirannya. Ya, ayam kanton. Cara membuat ayam kanton itu mudah. Bumbu dan bahan yang dibutuhkan juga mudah di dapat, meski di Indonesia. Yang spesial, kali ini saya akan berbagi resep ayam kanton yang dijamin halal. Sebab, versi aslinya menggunakan arak anggur. Supaya halal, arak anggur diganti dengan jus anggur atau jus apel. Yang penting rasanya tetap lezat.


Bahan:
1. 0,5 kilogram daging ayam.
2. 100 gram kacang kapri, potong-potong.
3. 2 buah jamur shitake, potong-potong.
4. 1 senok makan larutan tepung maizena.
5. 50 mililiter air putih.
6. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bumbu:
1. 2 sendok teh kecap asin.
2. 3 sendok teh jus anggur atau jus apel.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Bahan dan bumbu untuk membuat saus ayam kanton:
1. 2 sendok makan jus anggur atau jus apel.
2. 50 mililiter air putih.
3. Gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.
4. 2 sendok makan saus tiram.
5. 1 sendok teh minyak wijen.

gambar: ayam kanton yang halal dan nikmat

Cara membuat:
1. Setelah dibalur dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis dan dicuci bersih, balur daging ayam dengan garam dan lada putih bubuk, diamkan supaya meresap (15 menit).
2. Panaskan sedikit minyak sayur di teflon, goreng ayam sambil dibolak bali sampai matang, angkat, tiriskan, potong-potong, sisihkan.
3. Gunakan sisa minyak sayur untuk menumis kapri dan jamur. Tambahkan kecap asin, jus anggur atau jus apel, tumis sampai tercampur rata.
4. Tuangkan air putih, masak sambil diaduk sampai matang. Masukkan daging ayam, aduk rata. Tuangkan larutan tepung maizena, aduk sampai mengetal dan meletup-letup, angkat, sisihkan.
5. Panaskan minyak wijen untuk membuat saus. Masukkan semua bahan dan bumbu untuk membuat saus, aduk sampai matang, angkat.
6. Susun potongan daging ayam di wadah saji, siram dengan saus ayam kanton, siap dihidangkan.

Selain ayam kanton, masih ada aneka masakan chinese food yang halal dan wajib dicoba karena tak kalah lezat. Seperti, resep bubur ayam ala chinese food dijamin halal atau resep soun goreng pedas ala chinese halal.

Selain ayam kanton, masih ada lagi aneka masakan berbahan daging ayam yang wajib dicoba. Seperti, resep ayam kukus pedas enak dan halal atau resep sup ayam kembang tahu sehat dan halal.
loading...

Subscribe to receive free email updates: