Resep Bihun Rebus Ala Chinese Food yang Praktis dan Halal


loading...
Chinese food itu memang banyak yang menggoda selera. Tak heran bila tak sedikit pula warung kecil hingga rumah makan yang menyediakan secara khusus menu-menu chinese food. Salah satunya adalah bihun rebus. Yang jadi persoalan, tak semua menggunakan bahan dan bumbu yang halal untuk dikonsumsi. Nah, kali ini saya akan berbagi resep masakan tersebut. Tentunya, dengan menggunakan bahan dan bumbu yang halal untuk dikonsumsi. Sama halnya dengan aneka chinese food lain yang pernah saya bahas sebelumnya di blog Area Halal ini. Seperti;

Yang istimewa, resep bihun rebus yang akan saya bagikan ini menggunakan aneka seafood. Selain itu, cara membuatnya juga sudah diringkas sedemikian rupa sehingga sangat praktis untuk diaplikasikan. Namun, tak mengurangi kelezatan citarasanya.


Bahan:
1. 300 gram bihun, rebus hingga kenyal.
2. 600 mililiter air putih.
3. 200 mililiter santan.
4. 1 ekor cumi, potong-potong.
5. 8 buah udang ukuran besar, kupas, sisakan ekornya. Jangan dibuang kulit dan kepalanya karena nanti dibutuhkan untuk membuat kuah seafood.
6. Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis.

Bumbu:
1. 1 sendok teh kecap ikan.
2. 2 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, lalu dimemarkan.
3. Jahe seukuran 2 sentimeter.
4. Gula pasir, garam, dan lada putih bubuk secukupnya.

Pelengkap:
1. Bawang putih goreng secukupnya untuk taburan.
2. 1 utas daun bawang, iris tipis untuk taburan.


Cara membuat:
1. Rebus air putih bersama kulit dan kepala udang sampai mendapatkan kaldu, saring, sisihkan.
2. Panaskan mentega atau margarin untuk menumis. Tumis jahe dan serai sampai harum. Masukkan udang dan cumi, tumis sampai berubah warna. Tambahkan kecap ikan, aduk rata. Tuangkan air kaldu, masak sampai mendidih. Tuangkan santn dan tambahkan kecap ikan, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, masak sambil diaduk sampai mendidih. Terakhir, masukkan bihun, aduk rata, angkat.
3. Pindah ke wadah saji, tambahkan bawang putih goreng dan daun bawang, bihun rebus ala chinese food yang praktis dan halal siap dihidangkan.

Selain dibuat bihun rebus semacam ini, masih banyak aneka masakan berbahan bihun yang juga enak dan halal. Oleh sebab itu, wajib juga dipertimbangkan untuk dicoba. Seperti;
loading...

Subscribe to receive free email updates: