Resep Ayam Hainan Lezat Mudah Dibuat Dijamin Halal


loading...
Ayam hainan adalah salah satu chinese food yang cukup familier di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang mengeri bahwa ayam hainan yang enak itu tidak mungkin dibuat sendiri di rumah. Untuk sementara, diyakini ada beberapa jenis bumbu tertentu yang harus yang dipakai hingga menciptakan citarasa masakan yang seenak ayam hainan itu. Padahal, tidak selamanya pendapat itu benar. Kali ini saya akan berbagi resep ayam hainan yang lezat, mudah dibuat, dan dijamin halal.


Bahan:
2. 1,5 liter air putih.

Bumbu:
1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
2. Jahe seukuran 6 sentimeter, 3 sentimeter dihaluskan dan sisanya cukup dimemarkan.
3. 1 siung bawang putih, potong-potong.
4. 1 sendok makan minyak wijen.

Saus jahe:
1. 150 mililiter air kaldu ayam.
2. 1,5 sendok teh kecap ikan.
3. 25 gram jahe, dimemarkan.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

gambar: ayam hainan lezat mudah dibuat dijamin halal

Cara membuat:
1. Masukkan jahe yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Tambahkan minyak wijen dan garam, aduk rata.
2. Oleskan pada ayam kampung sampai merata. Masukkan jahe, daun bawang, dan garam ke dalam rongga ayam, semat dengan lidi supaya tertutup rapat.
3. Rebus air putih bersama garam dan gula pasir sampai mendidih. Masukkan ayam (sampai terendam sempurna), rebus sampai berubah warna, kecilkan api kompornya, tutup, lanjutkan merebus sampai ayam menjadi matang dan empuk (lebih kurang 25 menit), tiriskan, lap sampai kering, singkirkan bumbu yang ada dalam rongga ayam, potong-potong, sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur untuk membuat saus jahe. Tumis jahe sampai harum. Tambahkan kecap ikan dan air kaldu, masak sampai mendidih, tambahkan 0,125 sendok teh larutan tepung maizena, aduk sampai mengental, angkat.
5. Susun potongan ayam di wadah saji, siram dengan saus jahe, tambahkan daun ketumbar, ayam hainan yang lezat siap dihidangkan.

Selain ayam hainan masih banyak aneka masakan chinese food yang dimasak secara halal dan sehat. Seperti;
loading...

Subscribe to receive free email updates: