Resep Gurame Goreng Saus Tauco Sedap


loading...
Tauco adalah salah satu bumbu masakan hasil fermentasi kacang-kacangan. Bumbu masakan ini kerap dijadikan sebagai bumbu utama untuk aneka masakan peranakan. Salah satunya adalah resep gurame goreng saus tauco. Aroma serta rasa khas tauco menambah sedap rasa masakan berbahan ikan ini. Selain masakan peranakan yang akan dibahas pada kesempatan ini, tauco juga digunakan untuk beberapa resep masakan lain. Seperti;

Yang menarik pada resep gurame saus tauco ini, setelah dipisahkan, daging ikan gurame digoreng dengan dibalur adonan tepung. Cara memasak seperti ini membarikan sensasi tekstur crispy (renyah) pada daging gurame.


Bahan:
1. 600 gram ikan gurame, pisahkan dagingnya, potong-potong.
2. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bahan dan bumbu untuk membuat ikan gurame goreng tepung:
1. 100 gram tepung terigu protein sedang.
2. 25 gram tepung maizena.
3. Garam, air jeruk nipis, dan lada putih bubuk secukupnya.
4. 1 sendok teh bawang putih bubuk.
5. 2 butir telur ayam, kocok lepas.

Bahan dan bumbu untuk membuat saus tauco:
1. 2 sendok makan tauco, haluskan.
2. 2 sendok makan saus sambal.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
4. 2 siung bawang putih, cincang sampai halus.
5. 200 mililiter air putih.
6. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air putih.

Pelengkap:
1. 1 buah lemon, potong-potong.
2. Daun seledri secukupnya.


Cara membuat:
1. Balur ikan berikut potongan daging ikan dengan air jeruk nipis, garam, lada putih bubuk, dan bawang putih bubuk, diamkan sampai meresap (lebih kurang 15 menit).
2. Sembari menunggu, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam ke dalam wadah untuk membuat adonan tepung, aduk rata.
3. Celupkan ikan ke dalam telur kocok, angkat, balur dengan adonan tepung. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng, goreng ikan sambil dibolak-balik sampai matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan, sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan tauco, saus sambal, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, aduk rata. Tuangkan air putih, masak sampai mendidih. Tuangkan larutan tepung maizena, aduk sampai mengental dan meletup-letup, angkat.
5. Susun ikan gurame yang sudah digoreng di wadah saji, siram dengan saus tauco, tambahkan bahan pelengkap, gurame goreng saus tauco siap dihidangkan.

Selain gurame, masih banyak aneka masakan berbahan ini yang tak kalah lezat. Seperti;
loading...

Subscribe to receive free email updates: