Resep Peyek Kacang Tanah Awet Renyah


loading...
Peyek atau rempeyek adalah salah satu cemilan makanan khas Indonesia yang dibuat dari adonan tepung dan kacang tanah. Selain kacang tanah, bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat peyek, di antaranya, kacang kedelai, ikan teri atau udang.

Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan membahas resep peyek kacang tanah yang awet renyah. Unsur kerenyahan pada peyek kacang tanah sangat penting, karena peyek sangat identik dengan teksturnya yang renyah. Sama halnya dengan tempe keripik dan pasti super renyah.


Kacang tanah tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan mono asam lemak tak jenuh dalam kacang tanah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh. Tentu saja hal ini dapat mencegah risiko penyakit jantung.


Untuk membuat peyek kacang tanah yang renyah Anda harus menggunakan santan agak kental. Selain membuat tekstur gorengan menjadi renyah, santan kental juga membuat tekstur renyahnya menjadi lebih menyenangkan.


Jika tidak menggunakan santan kental, tekstur renyah dari peyek kacang tanah malah jadi sangat keras dan tidak menyenangkan jika dimakan. Bukan cuma itu, hasil akhirnya nanti juga lebih gurih.

Mau tahu bahan apa saja yang harus disiapkan? Berikut ulasan resep peyek kacang tanah awet renyah selengkapnya.


Bahan kering:
1. 75 gram kacang tanah kulit, cincang kasar.
2. 150 gram tepung beras.
3. 0,5 sendok teh garam.
4. 5 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya, iris tipis.

Bahan basah:
1. Minyak sayur untuk menggoreng.
2. 20 gram kuning telur.
3. 250 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,25 butir kelapa.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 3 siung bawang putih.
2. 4 siung bawang merah.
3. 2 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
4. Kencur seukuran 1 sentimeter.
5. Kunyit seukuran 1 sentimeter.


Tips:
1. Disarankan menggunakan minyak sayur dalam jumlah banyak.
2. Bahan dan bumbu ini tentunya juga dapat dipakai untuk membuat peyek yang lain, seperti peyek udang, peyek tempe, atau yang lain.
3. Jika kesulitan mendapatkan santan segar, Anda bisa menggantinya dengan santan instan. Tambahkan air hingga mendapat santan instan sebanyak 250 mililiter.


Cara membuat peyek kacang tanah awet reyah:
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dan garam dengan santan.
2. Sambil diaduk sampai tercampur rata, tambahkan tepung beras.
3. Tambahkan kuning telur, aduk sampai licin.
4. Masukkan kacang tanah dan daun jeruk, aduk sampai tercampur rata.
5. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
6. Ambil adonan peyek kacang dengan menggunakan sendok sayur, tuangkan ke sisi penggorengan, siram-siram dengan minyak sayur panas sampai terlepas, dan goreng sampai berwarna kuning keemasan, matang, dan kering.
7. Tiriskan dan angin-anginkan peyek kacang tanah sampai suhunya normal terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam toples.

Cemilan ini juga enak lho dijadikan sebagai lauk untuk berbagai makanan khas Indonesia. Mau tahu apa saja? Di antaranya, resep pecel sayur komplit enak dan resep soto ayam seger khas Solo gampang diaplikasikan dan pasti berhasil.

Semoga berguna dan selamat mencoba!
loading...

Subscribe to receive free email updates: