Tak Disangka-sangka, Manfaat dan Keuntungan Sholat Subuh Ternyata Sungguh Luar Biasa


loading...
Sholat Subuh adalah salah satu di antara 5 waktu sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Tapi sayangnya, sholat wajib yang satu ini sering ditinggalkan.

Alasan yang sering dilontarkan oleh meraka yang meninggalkan Sholat Subuh adalah karena waktunya yang terlalu pagi, yakni sebelum terbitnya matahari. Lebih tepatnya saat fajar shiddiq sampai matahari terbit (syuruk). Adapun fajar shiddiq adalah waktu di mana terlihatnya cahaya putih yang melintang mengikuti garis lintang ufuk di sebelah timur yang terjadi akibat pantulan cahaya matahari oleh atomosfir. Dan, waktu ini memang waktu yang paling enak-enaknya untuk tidur.

Mungkin di antara kita ada yang 'protes': Kenapa waktu Sholat Subuh harus sebelum terbitnya matahari? Kenapa tidak pukul 07.00 atau 08.00?


Jangan buru-buru protes dulu. Ternyata Allah tidak akan pernah menyusahkan hamba-Nya. Tapi justru sebaliknya, Allah sangat sayang pada hambanya, bahkan kepada seluruh mahluk ciptaan-Nya. Yang tak disangka-sangka, di balik perintah Sholat Subuh yang waktunya adalah sebelum terbit matahari itu, ternyata tersimpan manfaat dan keuntungan yang sungguh luar biasa.

Hal ini pula yang sering dikumandangkan oleh muazin. Jika kita cermati, ada yang berbeda pada lantunan azan Sholat Shubuh dibanding azan untuk waktu sholat lain. Ada satu kalimat yang ditambahkan pada azan shalat subuh. Yaitu, ash sholaatu khoirum minan naum. Yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah sholat lebih baik daripada tidur.


Dijelaskan dr Mukri Nasution, Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Wamena, ada beberapa organ tubuh yang bekerja tanpa komando dari otak, seperti terbangun atau tertidur. Dalam kondisi tertidur, terjadi irama sirkadian dan biasanya terjadi pada pukul 03.00 dini hari yang diakibatkan oleh adanya peningkatan adrenalin. Keadaan tersebut yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah dan pasokan oksigen (O2) ke otak menjadi berkurang.

Jika pasokan O2 ke otak berkurang, maka seseorang akan merasa mengantuk. Hal ini pula yang menyebabkan kita jadi sangat ngantuk dan susah bangun. Maka wajar jika kita sering susah bangun jika datang waktu Sholat Subuh.


Tapi jika kita memaksakan diri untuk bangun di waktu Shubuh, maka ada zat yang dihasilkan pemubuluh darah yang sangat baik untuk kesehatan, yakni Nitrat Oksida (NO). Zat ini akan meningkat ketika kita bangun di waktu Shubuh.

Bahkan, zat NO akan lebih meningkat jika kita berjalan ke masjid untuk melakukan Shalat Subuh. Dan, ketika kita melakukan gerakan-gerakan Shalat Subuh, zat NO membuat pembuluh darah melebar. Dengan begitu, otomatis pasokan O2 ke otak menjadi bertambah dan mampu memecah trombus (gumpalan) pada pembuluh darah.


Manfaat serta keuntungan Sholat Subuh bukan cuma itu saja. Allah mendudukan Sholat Subuh lebih tinggi ketimbang sholat wajib lainnya.

"Barangsiapa Sholat Isya berjamaah, maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan, barangsiapa Shubuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malam." (HR. Muslim).

Niat Sholat Subuh:

Ushollii fardlosh shubhi rok'ataini mustakbilal qiblati adaa-an (imaaman/ma'muuman) lillaahi ta'aalaa. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Aku niat Sholat Fardlu Subuh dua raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.

Doa Qunut:



Nah, itulah manfaat dan keuntungan Sholat Subuh. Mulai sekarang, yuk Sholat Subuh tepat waktu.
loading...

Subscribe to receive free email updates: