Resep Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak Balita 1


loading...
Di luaran sana memang banyak produk yang dijual yang menawarkan iming-iming makanan sehat dan cocok untuk anak berusia di bawah lima tahun (balita). Iya, memang. Selain memang tergolong makanan sehat dan bergizi, kebanyakan juga menawarkan aspek kepraktisan.

Meskipun begitu, akan ada rasa kepuasan tersendiri bila sebagai seorang ibu bisa membuatkan sendiri suatu makanan sehat dan bergizi untuk buah hati tercinta. Nah, bila perasaan itu ingin bunda tanamkan dalam diri, akan lebih bijak bila mulai dari sekarang mencoba berkreasi membuat sendiri aneka makanan sehat dan bergizi buat anak bunda yang kini masih balita.


Pada bagian pertama ini, bahan utama yang digunakan adalah buah pisang. Asal tahu saja, buah tersebut kaya akan kadungan serat yang sehat untuk pencernaan anak balita. Buah tersebut juga cukup mengenyangkan karena kaya karbohidrat.

Tak hanya itu, buah teksturnya lembut sehingga mudah diolah ini juga mengandung zat besi, kalium, vitamin, serta nutrisi yang baik untuk tubuh. Ada berbagai macam aneka makanan atau minuman serta kue yang dapat diolah dengan menggunakan buah pisang. Misalnya, resep smoothies untuk anak dan balita, resep es pisang ijo bergizi khas Makassar, dan resep pisang epe saus durian.

Tapi, tidak semua makanan sehat yang disebutkan, cocok untuk anak balita. Mungkin, akan lebih cocok bila buah pisang dijadikan sebagai bahan untuk membuat puding. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, mana mungkin buah hati Anda mau menolaknya. Tak hanya enak, makanan atau camilan ini juga tergolong sehat karena kaya akan serat dan vitamin.


Bahan untuk membuat puding buah pisang (makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 1):
1. 1 bungkus agar-agar.
2. 2 buah pisang ambon, dilumatkan.
3. Gula pasir secukupnya.
4. 600 mililiter susu segar.
5. Pasta vanila secukupnya.

Bahan pelengkap:
1. 1 buah pisang ambon, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. Susu kental manis.


Tips:
1. Susu segar boleh diganti dengan susu formula yang biasa dikonsumsi oleh anak bunda.
2. Selain susu kental manis dan buah pisang, Anda boleh menambahkan aneka bahan makanan lain yang cocok yang anak-anak suka.
3. Untuk gula pasir, sengaja tidak diberikan takaran secara khusus. Sebab, bunda pasti lebih tahu batas atau takaran yang dibutuhkan yang memenuhui syarat batas kesehatan bagi balita. Alasan lain, konsumsi gula pasir secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.


Cara membuat puding buah pisang (makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 1):
1. Bagi semua bahan yang sudah disiapkan menjadi 2 bagian.
2. Bagian pertama, rebus semua bahan yang sudah disiapkan (gunakan api sedang), diaduk perlahan sampai mendidih, matikan api kompornya.
3. Tuang ke dalam cetakan.
4. Tambahkan potongan pisang ambon, diamkan sampai mengeras.
5. Sebari menunggu mengeras, rebus semua bahan bagian 2 (gunakan api sedang), aduk sampai mendidih, matikan api kompornya.
6. Tuang kembali ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah diisi larutan bagian 1 yang sudah mengeras.
7. Tambahkan kembali potongan buah pisang, diamkan sampai mengeras, simpan di dalam kulkas.
8. Setelah dingin, pindah ke wadah saji, siram dengan susu kental manis, puding pisang yang dapat bunda jadikan sebagai makanan sehat dan bergizi untuk anak balita sudah siap dihidangkan. Untuk memperluas inspirasi masakan atau makanan sehat untuk anak balita, silakan simak resep puding buah naga sehat buat anak tercinta atau resep sarapan sehat untuk anak (bayi) balita 3.

Adapun resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 1 ini cukup untuk 4 porsi. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang aneka makanan sehat dan begizi khusus buat anak balita silakan simak resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2. Dengan begitu, diharapkan referensi Anda tentang resep makanan sehat dan bergizi menjadi lebih banyak.
loading...

Subscribe to receive free email updates: