Resep Sayur Bening Kacang Panjang Menyehatkan Badan


loading...
Sayur bening kacang panjang adalah makanan tradisional berbahan kacang panjang yang dimasak dengan aneka bumbu dan kuah yang bening. Rasanya segar dan sangat cocok jika disantap sebagai menu pendamping pengganti sup.

Ketimbang masak sup, cara memasak sayur bening kacang panjang juga tergolong lebih mudah. Selain karena bumbu yang dipakai tidak begitu banyak, cara memasaknya juga sangat praktis. Bagaimana tidak, semua bahan dan bumbu tinggal dimasukkan saja dan direbus.

gambar: sayur bening kacang panjang menyehatkan badan

Tak cuma praktis, sayur bening kacang panjang ini cuka menyehatkan badan. Jadi kalau ingin mencoba membuat masakan yang sederhana tapi punya khasiat meyehatkan badan? Coba saja resep sayur bening kacang panjang berikut ini. Dijamin badan Anda bakal lebih sehat. Perlu diketahui, resep makanan sejenis ini cukup beragam. Misalnya, resep sayur bening daun katuk sehat buat ibu menyusui serta resep sayur bening bayam bakso spesial sehat dan halal.

Bukan tanpa alasan. Kacang panjang adalah salah satu dari aneka sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain serat, 100 gram kacang panjang mengandung 146 mg folat, 0,2 mg thiamin, dan 0,1 vitamin B6. Selain menyehatkan badan, sayur bening ini juga memiliki cita rasa yang segar. Supaya hasilnya memuaskan, simak dengan seksama bahan dan bumbu apa saja yang digunakan.


Bahan:
1. 1 ikat kacang panjang, potong dengan ukuran sesuai selera. Kalau ingin budidaya kacang panjang sendiri di rumah, kita juga bisa. Lihat: Gampang banget! Begini cara menanam dan budidaya kacang panjang di halaman sempit.
2. 1 batang wortel, kupas, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 1 liter air putih.

Bumbu:
1. 1 sendok makan bawang merah goreng. Bila suka Anda boleh menambahnya jumlahnya.
2. 1 sendok makan bawang putih goreng. Bila suka, Anda bisa menambahkan jumlahnya.
3. Bumbu lain selengkapnya ada pada resep bening bayam jagung manis.


Tips:
1. Saat merebus bayam, disarankan tidak sampai terlalu matang. Selain kandungan gizinya yang akan berkurang, teksturnya juga akan menjadi lembek.
2. Bila suka pedas, Anda boleh menambahkan irisan cabai merah keriting dan atau cabai rawit.


Cara membuat sayur bening kacang panjang menyehatkan badan:
1. Rebus air putih sampai menguap.
2. Masukkan semua bumbu yang sudah disiapkan, kecuali bawang merah goreng dan bawang putih goreng, masak sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
3. Masukkan kacang panjang dan wortel, masak sambil diaduk sesekali sampai matang, matikan api kompornya.
4. Pindah ke wadah saji, taburkan bawang merah goreng dan bawang putih goreng, sayur bening kacang panjang menyehatkan badan siap dihidangkan. Coba juga resep sayur asem kuah bening serta resep terong masak santan pedas.

Adapun resep sayur bening kacang panjang menyehatkan badan ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: