7 Minuman Dingin yang Tepat untuk Berbuka Puasa di Minggu Pertama Bulan Ramadhan


loading...
Bulan Ramadhan Tahun 2017 (1238 Hijriah) telah tiba. Di luar kekhusukan menjalani ibadah puasa, hal paling banyak dicari tentu hidangan segar untuk berbuka puasa.

Nah, Area Halal punya nih rekomendasinya.

Ada 7 minuman dingin yang dapat kamu jadikan referensi untuk mengisi daftar menu takjil selama sepekan di minggu pertama Bulan Ramadhan tahun ini.

Mau tahu? Langsung saja simak rekomendasinya berikut ini.


1. Kolak pisang untuk hari pertama berpuasa

Kolak pisang seolah sudah menjadi hidangan wajib berbuka puasa. Rasanya yang manis memang cocok dijadikan sebagai pembangkit tenaga setelah seharian berpuasa dan menjalani aktivitas sehari-hari yang banyak menguras tenaga.


Untuk menyajikan kolak pisang dingin, kamu bisa menyimpan kolak pisang di dalam kulkas jauh sebelum waktu berbuka puasa tiba. Selain itu juga bisa dengan menambahkan es batu setelah suhunya normal.

2. Es kelapa muda untuk hari kedua berpuasa

Kamu pasti sudah tahu kalau air kelapa muda menawarkan cairan ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan stamina. Nah, es kelapa muda tentu sangat cocok dijadikan sebagai minuman dingin ketika waktu berbuka puasa tiba.

Es kelapa muda juga banyak variannya. Ini referensinya: resep es degan gula merah spesial.

3. Kolak singkong untuk hari ketiga berpuasa

Kalau masih penasaran dengan rasa manis yang khas dari kolak, selain kolak pisang, ada juga kolak singkong. Untuk mendapatkan kolak singkong yang enak, pastikan singkong yang digunakan berkualitas baik.

Ini resep kolak singkong paling enak yang bisa kamu aplikasikan nanti.

Sama dengan cara menyajikan kolak pisang dingin, kolak singkong juga bisa ditambah es batu atau disimpan di dalam kulkas setelah suhunya menjadi normal.

4. Es gempol untuk hari keempat berpuasa

Minuman dingin dan menawarkan cita rasa manis yang kuat lainnya adalah es gempol. Di hari keempat berpuasa, kamu bisa menyajikan minuman dingin ini untuk menu takjil berbuka puasa.

Ini referensi resep es gempol spesial. Supaya main mantap, disarankan menggunakan santan segar untuk membuat kuah santannya.

5. Es kopyor untuk hari kelima berpuasa

Di hari kelima berpuasa, minuman dingin yang direkomendasikan Area Halal adalah es kopyor. Bukan dari kelapa kopyor asli, melainkan dari agar-agar yang dibuat sedemikian rupa sehingga presentasinya sangat mirip dengan daging kelapa kopyor.


Rasanya juga tak jauh beda dengan daging kelapa kopyor. Selain itu, kelapa kopyor imitasi ini juga kaya serat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

6. Es Milo untuk hari keenam berpuasa

Bila kamu malas menyajikan minuman dingin yang aneh-aneh untuk berbuka puasa, sepertinya es milo ini yang kamu butuhkan. Soalnya, cara membuatnya sangat mudah. Kesegarannya juga sangat bisa diandalkan untuk melunturkan dahaga yang menempel ditenggorokan setelah seharian berpuasa.


7. Es teh lemon untuk hari ketujuh berpuasa

Tak cuma es milo, masih ada banyak minuman dingin dan segar lain yang mudah dibuat. Salah satunya adalah es teh lemon. 

Kamu pasti sudah bisa membayangkan kan bagaimana sensasi kesegaran minuman ini. Dan, efek yang bakal kamu rasakan setelah tenggorokan kering setelah berpuasa seharian.

Kalau mau buat sendiri di rumah, ini referensinya: resep es teh lemon sederhana.

Nah, itu dia 7 minuman dingin yang paling tepat untuk berbuka puasa di minggu pertama Bulan Ramadhan tahun ini. Selamat berpuasa.
loading...

Subscribe to receive free email updates: