Ini Dia Khasiat Madu Buat Kesehatan Kulit 2


loading...
Ngomongin madu memang tidak ada habisnya. Pasalnya, bahan makanan yang ini dapat diolah menjadi berbagai produk. Tak hanya produk makanan dan minuman, madu juga sering diolah menjadi bahan utama untuk kepentingan medis maupun kecantikan.

Tak heran bila madu diolah menjadi berbagai produk. Sebab, madu memiliki nutrisi yang beragam dan berkhasiat. Tidak sebatas berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Namun, madu juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk menjaga atau mempertahankan kesehatan kulit dan wajah. Ingin tahu? Ini dia khasiat madu buat kesehatan kulit:

* Menyembuhkan Luka
Umumnya orang memakai obat merah atau obat kimia antibakteri lainnya untuk menyembuhkan luka. Tapi, siapa sangka bila mengoleskan madu pada luka juga dapat menyembuhkan. Itu karena madu mengandung zat antibakteri dan antimikroba yang umumnya terdapat pada setiap luka.

* Memicu regenerasi sel kulit
Mengonsumsi madu secara rutin dan teratur diyakini dapat mendukung kesehatan kulit. Itu karena pada madu terdapat magnesium, potassium dan kalsium yang memiliki peran sebagai pemicu terjadinya regenerasi sel kulit. Selain dikonsumsi, madu juga dapat dioleskan secara langsung pada bagian kulit yang mengering. Pengeringan kulit tersebut adalah bagian dari pertanda bahwa ada sel kulit yang telah mati. Oleskan beberapa tetes madu ke kulit yang bermasalah tersebut. Dengan begitu, magnesium, potassium dan kalsium yang terdapat pada madu akan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang telah mati.

* Memberihkan permukaan kulit
Bayak orang yang tidak menyadari bahwa madu juga dapat dijadikan sebagai formula pembersih wajah. Pasalnya, madu mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Perlu diketahui bahwa, wajah yang terpapar debu dan polusi udara lebih rentan muncul jerawat dan komedo yang sebagian diantaranya disebabkan oleh bakteri dan mikroba yang bersifat merusak. Cara menggunakan madu sebagai pembersih cukup mudah. Anda tinggal mencampur madu dengan air putih dengan perbandingan 1 (madu) banding 3 (air putih).


* Penangkal munculnya jerawat
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, madu diketahui memiliki zat antioksidan dan antibakteri. Tak heran juga bila madu juga dapat dimanfaatkan sebagai penangkal jerawat. Sebab, pada umumnya munculnya jerawat memang disebabkan oleh bakteri dan mikroba yang bersifat negatif.


Itulah beberapa khasiat madu buat kesehatan kulit. Simak juga ini dia khasiat madu buat kesehat kulit bagian pertama. Tak hanya buat kesehatan kulit, madu juga dapat difungsikan sebagai bahan alami buat menjaga kecantikan wajah.
loading...

Subscribe to receive free email updates: