Aneka Resep Masakan Praktis untuk Anak Kost


loading...
Kasihan betul nasib anak kost. Di usia remaja beranjak dewasa yang notabene belum bisa sempurna hidup mandiri, mereka terpaksa untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri. Salah satunya adalah makan. Penderitaan anak kost semakin bertambah bila uang bulanan dari orangtua sudah mulai menipis. Bila harus jajan, mau tak mau hanya lauk tempe, nasi putih, plus air putih yang bisa dibayar. Tapi, jangan khawatir. Bila mau berusaha masak sendiri, sebenarnya ada banyak aneka resep masakan praktis yang cocok untuk anak kost. Sebab, selain mudah dibuat dan tak perlu membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya, bahan yang digunakan relatif murah.

Nah, di bagian pertama dari aneka resep masakan praktis untuk anak kost ini yang akan dibahas adalah salah satu varian nasi goreng. Yang jelas, Anda harus menyiapkan nasi putih dan bumbu dasar, seperti bawang putih, bawang bombay, garam,  gula pasir, kecap manis, cabai, dan lada putih bubuk. Soal cita rasa, jangan diragukan. Bila malas memasak nasi putih, toh Anda bisa membeli di warung langganan Anda. Kalau sudah punya hubungan baik dengan pemilik warung, mungkin Anda juga bisa berimprovisasi untuk "meminjam" garam, gula pasir, bawang putih, bawang bombay, lada putih bubuk, kecap manis hingga sebutir telur ayam, kalau tidak malu. Bergantung kepintaran Anda untuk berimprovisasi supaya tidak semakin memperluas volume kantung, karena masih lama menunggu uang bulanan dari orang tua.


Bahan untuk membuat salah satu aneka resep masakan praktis untuk anak kost:
1. 500 gram nasi putih yang suhunya sudah normal.
2. 1 butir telur ayam, kocok lepas.
3. Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis dan menggoreng.

Bumbu:
1. 4 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dicincang sampai halus.
2. 0,25 siung bawang bombay, iris tipis.
3. 1 sendok makan kecap manis.
4. Garam secukupnya.
5. Lada putih bubuk secukupnya.
6. Gula pasir secukupnya.


Tips:
1. Sebelum dimasak nasi goreng, suhu nasi putih yang digunakan harus sudah normal. Bila masih panas atau hangat, dikhawatirkan tekstur nasi goreng akan menjadi lembek ketika dimasak.
2. Mentega atau margarin boleh diganti minyak sayur.
3. Bila improvisasi Anda tidak berhasil untuk "meminjam" sebutir telur ayam, pun tidak mengapa bila tidak digunakan.
4. Bila masih memiliki banyak persediaan kecap manis, jumlah pemakaiannya bisa Anda tambah sesuai selera. Atau, tidak digunakan, pun tidak mengapa.


Cara membuat salah satu dari aneka masakan praktis untuk anak kost:
1. Panaskan mentega atau margarin secukupnya untuk menggoreng.
2. Goreng telur ayam-yang sudah dikocok lepas-seperti membuat orak-arik telur sampai matang, angkat, sisihkan.
3. Panaskan kembali mentega atau margarin untuk menumis.
4. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
5. Masukkan nasi putih, aduk sampai tercampur rata.
6. Tambahkan kecap manis, aduk sampai tercampur rata.
7. Masukkan orak-arik telur, aduk kembali sampai tercampur rata.
8. Tambahkan semua bumbu yang belum digunakan, goreng dengan cara diaduk sampai tercampur rata dan matang.
9. Pindah ke wadah saji, salah satu aneka resep masakan praktis untuk anak kost sudah bisa dihidangkan.

Bagaimana, praktis, mudah, dan murah kan? Bila improvisasi yang Anda terapkan pada pemilik warung langganan, gagal. Anda bisa melakukan improvisasi lain untuk mengaplikasikan aneka resep masakan praktis untuk anak kost. Misalnya, dengan mengajak teman satu kost untuk patungan dalam mengadakan bahan dan bumbu yang dibutuhkan, termasuk peralatan memasaknya. Nasi goreng ini setara buat 4 sampai 5 porsi. Nah, masih ada aneka resep masakan praktis untuk anak kost bagian 2. resep tersebut sama praktisnya. Jadi, tak perlu khawatir kerepotan ketika mengaplikasikannya.
loading...

Subscribe to receive free email updates: