Resep Kolak Labu Kuning Ubi Jalar Spesial


loading...
Resep kolak labu kuning dan ubi jalar ini benar-benar spesial. Sebab, resep minuman tradisional Indonesia ini tetap menggoda selera bila dihidangkan dalam kondisi hangat maupun dingin (ditambah es batu atau disimpan dahulu di dalam kulkas sebelum dihidangkan).

Cara membuat kolak labu kuning ubi jalar yang spesial ini cukup mudah. Bahkan, oleh orang yang sebelumnya belum pernah memasak. Pasalnya, cara membuat kolak labu kuning dan ubi jalar ini hanya direbus begitu saja. Tak menggunakan teknik masak yang aneh-aneh. Hanya saja, setelah memasukkan santan, Anda harus mengaduknya perlahan secara terus-menerus supaya tekstur santan nantinya setelah matang tidak pecah. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Apalagi kalau Anda biasa belanja di pasar tradisional. Sudah dapat dipastikan ada saja pedagang yang menjual labu kuning dan ubi jalar.


Bahan untuk membuat kolak labu kuning dan ubi jalar yang spesial:
1. 500 gram labu kuning, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 300 gram ubi jalar, kupas, potong bentuk dadu atau sesuai selera.
3. 2 liter air putih.
4. 500 mililiter santan yang dibuat dari 1 butir kelapa. Selan santan segar, Anda jug bisa memanfaatkan santan instan yang sudah banyak dijual di minimarket maupun pasar tradisional.

Pelengkap:
1. 0,5 sendok teh garam.
2. 4 lembar duan pandan, disimpul.
3. 400 gram gula pasir.
4. 100 gram gula merah. Disisir supaya mudah larut ketika dimasak.


Cara membuat kolak labu kuning ubi jalar yang spesial:
1. Tuangkan air putih di dalam panci untuk merebus. Tambahkan labu kuning, daun pandan, dan ubi jalar, rebus sampai menguap. Tambahkan garam dan gula pasir, masak sambil diaduk sampai larut, biarkan hingga mendidih, kecilkan api kompornya.
2. Tuangkan santan kental dan masukkan gula merah, masak sambil diaduk sampai mendidih kembali dan matang, angkat.
3. Pindah ke wadah saji, kolak labu kuning ubi jalar yang spesial siap dihidangkan. Simak juga resep kolak pisang kepok santan enak sehat dan halal atau resep kolak biji salak pelangi menggoda selera.

Resep kolak labu kuning ubi jalar spesial ini sangat direkomendasikan untuk menu berbuka puasa atau dihidangkan sebagai pendamping acara ngemil di siang atau sore hari.
loading...

Subscribe to receive free email updates: