Resep Cara Membuat Biji Salak dari Tepung Beras Ketan


loading...
Selain dari tepung sagu atau tepung kanji (tengok cara membuat biji salak bekal membuat kolak enak), biji salak juga dapat dibuat dari tepung beras. resep atau cara membuat biji salak dari tepung beras ketan juga tergolong sangat mudah.

Siapun juga bisa membuatnya sendiri, asal telaten. Sebab, setelah selesai membuat adonan biji salak, Anda harus membentuk adonan tersebut hingga menyerupai biji salak.

Setelah itu baru dimasak atau direbus hingga matang. Kalau sudah matang, tandanya adonan biji salak akan mengapun.


Bahan untuk membuat biji salak dari tepung beras ketan:
1. 200 gram tepung beras ketan.
2. 125 gram tepun tapioka.
3. 100 mililiter air dingin.

Bumbu:
1. 0,5 sendok teh garam.
2. 1 sendok makan gula pasir.

Pelengkap:
1. 1 sendok makan larutan air kapur sirih.
2. Air putih secukupnya untuk merebus adonan biji salak yang akan dibuat dari tepung beras.


Cara membut biji salak dari tepung beras ketan:
1. Masukkan tepung beras ketan ke dalam wadah untuk membuat adonan biji salak. Tambahkan tepung tapioka, gula pasir, garam, larutan air kapur sirih, dan air, uleni sampai kalis.
2. Bentuk adonan menjadi bulat pipih hingga menyerupai biji salak sebenarnya.
3. Rebus air putih untuk merebus hingga mendidih. Masukkan adonan biji salak yang sudah dibentuk, rebus sampai matang (mengapung), angkat, tiriskan. Biji salak sudah siap diolak kembali untuk dibuat kolak yang nikmat. Masih ada resep kolak biji salak dari tepung ketan nikmat dan resep kolak biji salak pelangi menggoda selera.

Biji salak seperti ini juga dapat dihidangkan bersama resep bubur kacang hijau istimewa dengan saus susu atau dijadikan bahan tambahkan untuk resep es pisang ijo bergizi khas Makassar, selain dibuat kolak.
loading...

Subscribe to receive free email updates: