Resep Otak-otak Ikan Tenggiri Enak Menyehatkan


loading...
Resep otak-otak memang ada banyak macamnya. Meski namanya sama, namun masing-masing tetap memiliki ciri khas yang membedakan satu antara yang lain. Seperti resep otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan berikut ini. Teksturnya cukup kenyal karena menggunakan tepung sagu sebagai salah satu bahan dasarnya.

Kekenyalannya juga bergantung dengan jumlah tepung satu yang digunakan. Bila ingin mendapatkan tekstur yang lebih kenyal, Anda bisa menambah takaran tepung sagu yang digunakan.

Untuk mengaplikasikan resep otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan harus menggunakan ikan yang segar. Dengan begitu, hasil akhirnya nanti bakal menjadi lebih memuaskan.


Ketika mengaplikasikan resep makanan sehat berikut ini, disarankan untuk mengikuti tahapan cara membuatnya dengan seksama. Dengan begitu, kemungkinan gagal membuatnya jadi lebih sedikit atau nol persen. Silakan mencoba.


Bahan untuk membuat otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan:
1. 500 gram daging ikan tenggiri, dihaluskan.
2. 50 gram es batu, dihancurkan.
3. 300 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
4. 2 butir telur ayam, gunakan putih telurnya saja.
5. 150 gram tepung sagu, diayak.
6. Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

Bumbu:
1. 5 siung bawang putih, dihaluskan.
2. 12 siung bawang merah, dihaluskan.
3. Garam secukupnya.
4. Gula pasir secukupnya.
5. Lada putih bubuk secukupnya.


Tips:
1. Setelah dicuci bersih, balur daging ikan tenggiri dengan air jeruk nipis untuk mengurangi amis.
2. Selain ikan tenggiri, Anda bisa menggunakan jenis ikan lain. Misalnya, kakap atau tuna. Sebab, pada dasarnya semua jenis daging ikan dapat digunakan untuk membuat makanan sehat ini. Tapi, karena pada kesempatan ini judul resepnya adalah otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan. Jadi, bahan yang digunakan harus ikan tenggiri.
3. Makanan sehat ini cocok dihidangkan dengan sambal tauco.
4. Ketika proses membakar, Anda dapat melakukannya secara langsung di atas api kompornya atau di atas teflon yang sudah dipanaskan.


Cara membuat otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan:
1. Masukkan daging ikan tenggiri, es, santan, putih telur, garam, lada putih bubuk, dan gula pasir aduk hingga tercampur rata.
2. Sambil diaduk atau diuleni dan masukkan sedikit demi sedikit tepung sagu, terus diuleni sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk.
3. Ambil adonan, bungkus dengan daun pisang, semat dengan lidi.
4. Kukus sampai matang (lebih kurang 30 menit), angkat.
5. Panggan sampai daun pisang mengering, angkat.
6. Pindah ke wadah saji, otak-otak ikan tenggiri yang enak dan menyehatkan siap dihidangkan. Simak juga resep gulai udang dan kacang panjang lebih sehat serta resep udang rebus manis sederhana enak.

Adapun resep otak-otak ikan tenggiri enak menyehatkan ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: