Resep Bubur Kacang Hijau Spesial Lezat


loading...
Bubur kacang hijau merupakan salah satu resep masakan yang begitu istimewa. Alasannya, selain spesial dan lezat, makanan ini juga sangat sehat lantaran memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang begitu banyak. Saking sehatnya, makanan ini sampai disarankan untuk dijadikan sebagai makanan pendamping buat bayi, khususnya mulai usia 6 bulan.

Di samping itu, di kalangan umat muslim, bubur kacang hijau juga kerap dijadikan sebagai menu berbuka puasa atau bahkan menu sahur karena cukup mengenyangkan dan membuat pencernaan menjadi nyaman. Tak rehan bila Bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang membuat resep masakan yang spesial, lezat, sehat dan halal ini.

Ingin mencoba? Silakan simak resep bubur kacang hijau yang spesial dan lezat berikut ini hingga tuntas supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab, selain daftar bahan, Anda juga harus menguasai tips serta cara membuatnya.


Bahan: 
1.   100 gram kacang hijau, rendam dengan air hangat selama 2 jam, kemudian tiriskan.
2.   1,25 ml air.
3.   Garam secukupnya.
4.   Jahe seukuran 1 ruas ibu jari, dibakar, kupas kulitnya, kemudian dimemarkan (Bila dikonsumsikan buat bayi, disarankan tidak menggunakan jahe).
5.   150 gram gula pasir.
6.   2 sendok teh tepung kanji (maizena/tapioka) dan 2 sendok teh air putih matang, aduk hingga larut.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat saus atau kuah santan 
1.   0,5 liter santan dari 0,5 butir kelapa.
2.   Garam secukupnya.
3.   2 sendok teh tepung beras dan 2 sendok teh air putih matang, aduk sampai larut.


Tips: 
1.   Jumlah gula pasir yang digunakan boleh disesuaikan selera.
2.   Bila dianggap perlu, Anda boleh menambahkan daun pandan untuk membuat saus atau kuah santan supaya beraroma pandan.
3.   Bila dikonsumsikan buat bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun, disarankan untuk dihaluskan menggunakan blender (food processor) terlebih dahulu supaya mudah dicerna. Sebab, umumnya bayi usia itu belum memiliki gigi gerahan.
4.   Saat memasak kuah atau saus santan, disarankan utuk diaduk secara perlahan mulai dari awal hingga matang supaya tidak pecah.


Cara membuat bubur kacang hijau yang spesial dan lezat: 
1.   Rebus kacang hijau yang sudah direndam tadi dengan air putih hingga matang dan mekar.
2.   Tambahkan, garam, jahe dan gula pasir, masak sambil diaduk sampai mendidih.
3.   Tuangkan larutan tepung kanji, masak sambil diaduk sampai mendidih, angkat, sisihkan.
4.   Rebus santan hingga menguap.
5.   Tambahkan garam, aduk supaya larut.
6.   Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga matang dan mengental, matikan api kompornya.
7.   Tuangkan bubur kacang hijau ke mangkuk saji, siram dengan kuah atau saus santan, bubur kacang hijau siap dihidangkan selagi hangat buat keluarga. Simak juga resep es pisang ijo bergizi khas Makassar serta resep aneka bubur mutiara sederhana dan sehat untuk menambah referensi aneka minuman sehat.

Adapun resep bubur kacang hijau spesial lezat yang dapat dijadikan sebagai menu berbuka puasa atau sahur serta makanan pendamping buat bayi usia 6 bulan atau lebih ini setara buat 4 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: