Resep Ayam Goreng Tepung Ala KFC Sehat dan Halal


loading...
Banyak orang tergila-gila dengan sensasi ayam goreng yang dibalur adonan tepung ala KFC. Tak heran, bila mereka suka. Pasalnya, selain enak, tekstur makanan ini cukup menarik, yaitu renyah. Untuk membuat ayam goreng yang seperti itu memang membutuhkan resep yang berbeda dengan yang pada umumnya. Tentu saja harus dengan cara-cara yang sehat dan halal. Jadi, selain dapat dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang atau makan malam, ayam goreng ini juga dapat dijadikan sebagai menu sahur atau berbuka puasa.

Selain resep masakan tersebut, aneka masakan berbahan ayam yang punya fungsi sama, antara lain, resep membuat nasi claypot (masakan praktis halal sehat), resep ayam goreng bumbu kuning asli enak, resep semua ayam betawi dimasak secara sehat, maupun resep ayam goreng spesial bumbu bawang.

Meski tergolong mudah untuk diaplikasikan, tetapi pahami dulu penjelasan cara membuatnya supaya hasilnya memuaskan.


Bahan:
1.   Air es secukupnya.
2.   1 ekor ayam broiler (gunakan tips masak ayam supaya sehat untuk dikonsumsi), dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan.
3.   Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan untuk daging ayam:
1.   10 siung bawang putih.
2.   Garam dan lada putih secukupnya.

Bahan dan bumbu untuk membuat adonan tepung:
1.   100 gram tepung tapioka.
2.   375 gram tepung terigu protein tinggi.
3.   1,5 sendok teh baking powder.
4.   1,5 sendok teh bawang putih bubuk.
5.   Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.

Tips:
1.   Supaya terjamin halal, beli ayam dalam kondisi hidup dan potong dengan cara yang diajarkan oleh Islam. Atau, bila terpaksa membeli ayam potong, pastikan bahwa ayam potong tersebut berasal dari tempat pemotongan hewan yang telah bersertifikat halal.
2.   Setelah dicuci bersih, balur daging ayam dengan air jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi bau amis.
3.   Bila kesulitan mendapatkan bawang putih bubuk, Anda bisa menggunakan bawang putih utuh, kemudian dihaluskan. Untuk 1,5 sendok teh setara dengan 3 siung bawang putih utuh.
4.   Disarankan untuk menggunakan air es bukan air putih dengan suhu normal.
5.   Waktu mencelupkan ayam ke dalam air es tidak lama, sebatas semua bagian telah basah, langsung diangkan.
6.   Minyak goreng yang digunakan disarankan dalam jumlah yang banyak hingga dapat merendam potongan ayam saat digoreng, supaya matang merata dan renyah.
7.   Setelah minyak goreng dalam kondisi panas (harus dalam kondisi panas untuk mulai menggoreng), api dikecilkan hingga tingkat paling kecil atau sampai sedang.


Cara membuat ayam goreng tepung ala KFC yang sehat dan halal:
1.   Balur daging ayam yang sudah dipotong-potong dengan campuran bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan lada putih bubuk, diamkan sejenak agar meresap.
2.   Balur kembali dengan tepung tapioka sambil ditekan-tekan supaya menempel, celupkan ke dalam air es, angkat.
3.   Balur lagi dengan campuran tepung terigu protein tinggi, baking powder, bawang putih bubuk, garam, gula pasir dan lada putih bubuk, sambil diremas seperlunya supaya adonan tepung menempel, celupkan kembali ke dalam air es, balur dengan adonan tepung kembali, diketuk-ketuk, biarkan adonan tepung yang tidak menempel terlepas. Lakukan hal yang sama hingga adonan tepung dan ayam habis. Tahap membalur setiap ayam yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan tepung dilakukan sebanyak 2 kali.
4.   Panaskan minyak goreng untuk menggoreng.
5.   Goreng ayam yang sudah dibalur tepung dengan api kecil atau sedang hingga matang sempurna dan bagian terluar berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan. Coba juga resep risol isi ayam masak saus tiram atau resep cara membuat briyani daging ayam lezat.

Selain cocok dimakan sebagai menu sarapan, makan siang atau makan malam, sajian kuliner istimewa ini juga cocok dijadikan sebagai menu sahur atau berbuka puasa. Adapun resep ayam goreng tepung ala KFC sehat dan halal ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: