Panduan Pilih Menu Makan Siang Sehat


loading...

Membayangkan menyantap makanan cepat saji, seperti burger, ayam goreng tepung, sosis panggang, atau nugget, ketika mendekati jam makan siang memang menyenangkan ya. Tapi, tahukah Anda kalau makanan cepat saji itu tak memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda?

Pasalnya, makanan tersebut menyimpan banyak lemak yang malah akan merugikan kesehatan. Burger mengandung 27 gram lemak dan 9 gram lemak jenuh. Sedang makanan beku yang digoreng seperti nugget ayam, sosis, dan yang semacamnya mengandung lemak trans yang tidak kalah tinggi. Demikian ditulis pada laman liputan6.com [1] yang dikutip dari Healthy Eating SF Gate, 9 Januari 2017.

Maka dari itu, buang jauh angan-angan Anda untuk menyantap makanan cepat saji untuk makan siang nanti. Ganti menu makan siang Anda dengan makanan sehat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih menu makan siang kaya serat, mineral, protein, dan vitamin C.

Misalnya, mengisi daftar menu makan siang dengan roti lapis atau roti isi. Jadikan ayam panggang polos, selada, ketimun, dan tomat sebagai isiannya. Daging ayam sebagai sumber protein juga bisa diganti dengan telur ceplok yang digoreng tanpa minyak atau mentega.

Menu makanan tersebut nyatanya lebih menyehatkan ketimbang makanan beku yang dipanaskan atau cepat saji lainnya. Kandungan protein yang tinggi pada daging ayam dan telur dapat menjadi sumber energi yang tidak membuat badan terasa lemas, setelah perut kenyang. Vitamin C dan nutrisi lain yang terkandung di dalam sayuran bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Alternatif lain, Anda bisa mengolah telur menjadi aneka masakan sebagai menu makan siang. Dikutip dari laman alodokter.com [2], 2 April 2017, telur mengandung asam amino, protein, antioksidan, dan kolin yang baik untuk kesehatan otak.

Anda bisa membuat telur dan mencampurnya dengan kentang dan beberapa macam sayuran dan menjadikan bumbu kacang sebagai sausnya. Selain itu, masih ada juga semur telur atau oseng telur dengan kombinasi beberapa macam sayuran. Namun, perhatikan jumlah nasi yang Anda konsumsi, bila memang dirasa perlu. (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)

Sumber:
[1] http://m.liputan6.com/health/read/2821775/seperti-ini-makan-siang-yang-sehat
[2] http://www.alodokter.com/selamat-mencoba-menu-makan-siang-sehat-berikut-ini
loading...

Subscribe to receive free email updates: