Resep Donat Kentang Spesial Empuk dan Sehat


loading...
Kue basah yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Bulat agak pipih dengan lubang di bagian tengah. Kue ini bernama donat. Ya, pada kesempatan ini akan dibahas resep donat yang terbuat dari kentang sebagai salah satu bahan utamanya. Kentang membuat cita rasa donat ini begitu spesial dan memiliki tekstur yang empuk. Selain enak, camilan ini juga tergolong sehat.

Resep donat kentang spesial empuk dan sehat ini cukup memakan waktu ketika diaplikasikan. Pasalnya, adonan tepung harus diistirahatkan supaya mengembang. Proses tersebut paling sedikit dilakukan 2 kali. Tapi, hal itu tidak sia-sia karena cita rasa kue basah yang dapat dijadikan sebagai camilan sehat ini cukup menggiurkan.


Bahan:
1. 400 gram tepung terigu protein tinggi.
2. 6 gram ragi instan.
3. 35 gram gula pasir.
4. 15 gram susu bubuk.
5. 0,5 sendok teh baking powder.
6. 150 gram kentang yang sudah dikukus, kemudian dihaluskan selagi masih panas.
7. 1 butir telur ayam.
8. 30 gram margarin.
9. 1 sendok teh garam.
10. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bahan pelengkap:
1. 150 gram icing sugar.
2. 150 gram meises.
3. Mentega atau margarin secukupnya untuk olesan.
4. 150 gram cokelat, dilelehkan.

Tips:
1. Perhatikan penggunakan tepung. Pastikan bahwa jenis tepung yang Anda gunakan adalah tepung terigu berprotein tinggi karena akan memengaruhi tekstur donat.
2. Pada dasarnya semua jenis telur bisa digunakan. Tapi, disarankan untuk menggunakan telur ayam.
3. Bahan pelengkap yang digunakan bisa disesuaikan selera.


Cara membuat donat kentang spesial empuk dan sehat:
1. Masukkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan baking powder ke dalam wadah untuk membuat adonan, aduk sampai tercampur rata.
2. Masukkan kentang, uleni sampai tercampur rata.
3. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
4. Tambahkan garam dan margarin, ulenis kembali sampai kalis, diamkan (tutup dengan serbet) sampai mengembang (lebih kurang 15 menit).
5. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai ukuran donat yang Anda inginkan, bulatkan, diamkan kembali sampai mengembang lagi (lebih kurang selama 10 menit).
6. Pipihan adonan, buat lubang dibagian tengahnya, susu adonan donat yang sudah dilubangi di atas loyang yang sudah ditabur tepung terigu, diamkan sampai mengembang (selama 45 menit).
7. Panaskan minyak sayur, goreng sambil dibolak-balik sapai matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan dan tunggu sampai suhunya normal.
8. Tambahkan bahan pelengkap, susun di wadah saji, donat kentang spesial empuk dan sehat siap dihidangkan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep kue bolu kismis tabur keju serta resep dorayaki asli jepang menyehatkan.

Adapun resep donat kentang empuk dan sehat ini setara buat 4 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: