Aneka Resep Makanan Sehat Buat Ibu Hamil 4


loading...
Tak bisa dipungkiri bahwa ibu yang sedang hamil (mengandung) membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup banyak. Pasalnya, selain menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat, ibu hamil juga harus menjaga kesehatan janin.

Apa yang dimakan ibu hamil sangat menentukan kesehatan janin. Sebab, apa yang dimakan ibu, makanan itu pula yang diasup oleh janin. Oleh sebab itu, ibu hamil tentunya harus memiliki referensi aneka resep makanan sehat yang cukup.

Selain bahan makanan yang sudah disebutkan pada aneka resep makanan sehat buat ibu hamil 1 hingga aneka resep makanan sehat buat ibu hamil 3, bahan makanan yang juga penting untuk dikonsumsi selama proses kehamilan adalah kacang-kacangan.


Dikutip dari Republika (31/1/2016), kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung asam folat yang dapat mencegah munculnya risiko cacat syarat pada bayi.

Salah satu kacang-kacangan yang kaya protein dan asam folat adalah kacang kenari. Kabar baiknya, kacang kenari ini dapat diolah menjadi aneka makanan ringan yang enak dikonsumsi atau sekadar dijadikan topping untuk aneka resep makanan sehat.

Nah, pada bahasan resep makanan sehat buat ibu hamil bagian keempat ini, Area Halal akan berbagi resep makanan yang menggunakan bahan kacang kenari.

Bahan:
1. 1 bungkus oatmeal instan. Oatmeal juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan resep oatmeal khusus untuk diet dan sarapan sehat.
2. 200 mililiter air putih mendidih.
3. 50 gram jamur merang, iris tipis. Bila masih sisa, bisa digunakan untuk resep sayur sehat untuk diet: salad jamur serta resep nasi tim (kukus) tumis jamur dan daging spesial.
4. 2 butir telur (ini manfaat kuning telur buat kesehatan tubuh), cocok lepas.
5. 3 sendok makan irisan kacang kenari yang sudah disangrai.
6. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bumbu:
1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 1 sendok teh kecap asin jepang.
3. 2 siung bawang putih, dicincang kasar.
4. 1 utas daun bawang, iris tipis.


Cara memasak makan sehat buat ibu hamil:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis.
2. Tumis bawang putih sampai harum dan matang.
3. Masukkan jamur, tumis sampai setengah matang.
4. Tambahkan garam, gula pasir, kecap asin jepang, lada putih bubuk, serta daun bawang, tumis sampai matang, angkat, sisihkan.
5. Seduh oatmeal instan dengan air mendidih, tutup, diamkan sampai larut.
6. Setelah oatmeal larut dan menjadi bubur, tambahkan tumisan jamur, makanan sehat buat ibu hamil sudah siap dinikmati. Supaya tambah referensi, simak juga resep camilan sehat untuk ibu hamil 1 serta resep sup jagung sahat untuk ibu hamil.

Salah satu dari aneka resep makanan sehat ibu hamil berbahan kacang kenari dan oatmeal ini cukup untuk 2 porsi sedang.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/humaira/ibu-anak/13/12/24/myb1z2-bolehkah-ibu-hamil-makan-kacang
loading...

Subscribe to receive free email updates: